Mengetahui Istilah Perintah Umum untuk Perangkat Mouse

Mouse merupakan salah satu hardware aksesoris komputer yang memiliki fungsi untuk menggerakkan pointer atau panah penunjuk serta memberikan input perintah kepada komputer terhadap apa yang akan dilakukan pengguna terhadap pointer tersebut. Penggunaan pointer dan mouse sangat vital dalam kegiatan menggunakan komputer. Memilih file, mengeksekusi program, serta perintah-perintah pada komputer lainnya hampir semua membutuhkan bantuan mouse atau pointer untuk melakukannya. Tanpa ada mouse tentu masih bisa dilakukan, namun tidak secepat dan se-efektif dengan menggunakan mouse.

Perangkat mouse standar yang banyak beredar terdiri dari 2 buah tombol klik dan sebuah penggulung (Scroll Wheel) yang terletak diantara 2 tombol klik tersebut. Banyak perintah yang dapat dilakukan dengan menggunakan mouse atau pointer. Bunyi khas “klik” menjadi ciri spesial untuk mouse yang menandakan bahwa mouse tersebut sedang digunakan. Bunyi klik itu juga yang menjadi beberapa istilah perintah dalam penggunaan mouse.

Berbeda dengan perangkat keyboard yang cara memberikan perintah hanyalah dengan menekan tombol-tombol pada keyboard saja, pada mouse tidak hanya menekan saja untuk memberikan perintah namun juga harus menggerakkan pointer terlebih dahulu, juga terdapat perintah dengan cara menggulung. Banyak istilah perintah dan cara melakukannya dalam penggunaan mouse, sebagai pengguna komputer harus tau apa-apa saja perintah mouse secara umum yang banyak digunakan dan diterapkan dalam kegiatan mengoperasikan komputer agar komputer berjalan dengan baik. Berikut merupakan beberapa istilah perintah umum pada penggunaan perangkat mouse.

Klik (Click)

Klik (Click) merupakan representasi dari klik kiri (left click) dimana pada mouse tombol klik ini berada disebelah kiri. Fungsi perintah atau tombol klik ini misalnya adalah memilih atau menyeleksi file, menjalankan perintah tertentu, membuka link, klik tombol pada dialog, dan lain-lain.

Klik Kanan (Right-Click)

Tombol klik kanan (right click) dapat berfungsi untuk membuka menu pilihan yang tersedia. Tombol klik kanan terletak tepat di sebelah kanan tombol klik kiri.

Klik Ganda (Double Click)

Perintah double click dilakukan dengan menekan tombol klik kiri pada perangkat mouse 2 kali secara berurutan dan cepat. Fungsi double click ini misalnya pada penggunaan pada sistem operasi Windows adalah untuk mengeksekusi shortcut dan juga membuka folder mirip dengan fungsi tombol enter pada keyboard.

Gulung (Scroll)

Perintah gulung atau scroll berfungsi untuk menggerakkan tampilan halaman layar ke atas dan ke bawah atau kesamping kanan dan ke samping kiri. Kebanyakan digunakan ketika melakukan editing dokumen yang memiliki banyak halaman. Cara melakukan scroll yaitu dengan memutar atau menggerakkan scroll Wheel atau penggulung yang biasanya terletak diantara tombol klik kanan dan klik kiri.

Klik Tengah (Center Click)

Sepertinya memang pada mouse tidak terdapat tombol ditengah, namun ternyata penggulung atau scroll Wheel juga dapat ditekan atau di-klik, itulah yang berfungsi sebagai klik tengah atau center click atau juga Middle Click. Center click biasanya berfungsi untuk membantu melakukan scroll, jadi pengguna tidak perlu lagi memutar penggulung berkali-kali, pengguna cukup melakukan center click lalu menggerakkan mouse ke atas atau kebawah sesuai dengan kebutuhan untuk menggulung tampilan layar.

Hover

Hover merupakan perintah sederhana pada mouse dimana pengguna cukup menggerakkan atau menempatkan pointer pada objek pada layar yang dikehendaki. Efek yang dihasilkan biasanya secara otomatis menampilkan deskripsi serta rincian atau detail ataupun petunjuk dan keterangan lain dari objek yang disorot, misalnya pointer ditempatkan pada sebuah file, maka beberapa saat kemudian secara otomatis ditampilkan ukuran file, jenis file, waktu modifikasi dan pembuatan serta keterangan lain. Pada halaman website biasanya webmaster dapat mengatur link jika dilakukan hover maka akan mengalami perubahan efek semisal berubah warna atau text digaris bawah yang menandakan bahwa itu adalah sebuah link yang dapat di-klik.

Drag

Menyeret atau drag dilakukan dengan melakukan klik kiri pada satu titik tertentu dan menahan tekanan klik tersebut kemudian menggerakkan ke titik atau area lain. Perintah drag biasanya digunakan untuk menyeleksi sebagian atau seluruh area tangkapan pada layar, memilih beberapa objek sekaligus, ataupun juga memindahkan objek tersebut dari area atau folder satu ke area atau folder lainnya.

Drop

Perintah drag yang telah disebutkan sebelumnya harus diakhiri dengan drop, maka perintah keseluruhannya biasa disebut dengan drag and drop. Drop dilakukan dengan melepas tombol klik setelah mouse digerakkan pengguna dan sampai di area atau penempatan yang diinginkan.

Perintah Khusus Lain

Ada pula perintah khusus lain ini dimiliki oleh perangkat mouse yang dilengkapi dengan tombol khusus (special button). Jadi tidak seperti perangkat mouse standar yang hanya memiliki 2 tombol klik dan sebuah Scroll Wheel, terdapat pula mouse yang didesain dengan ditambahkan beberapa tombol, biasanya perangkat mouse yang memiliki tombol khusus ini didesain untuk tujuan atau penggunaan tertentu agar kinerja lebih efektif. Misalnya adalah mouse Gaming yang rata-rata dilengkapi setidaknya dengan 2 tombol tambahan disamping kanan dan atau kiri penampang mouse.

Tombol khusus tambahan tersebutlah yang digunakan untuk mengeksekusi perintah khusus lain. Biasanya perintah yang dapat dijalankan dengan menekan tombol tersebut dapat diatur dan dimodifikasi sendiri oleh pengguna. Contoh saja untuk bermain game bergenre FPS (First Person Shooter) pengguna dapat mengatur tombol tambahan tersebut untuk perintah reload ataupun mengganti senjata sehingga dapat dapat dilakukan dengan cepat.

Mouse pada umumnya juga dapat disetting untuk pengguna tangan kiri yang lebih dominan atau kidal. Pada pengguna kidal perbedaan fungsinya adalah hanya pertukaran tombol klik kiri yang menjadi klik kanan dan klik kanan yang menjadi klik kiri.

Related Posts:

One comment on “Mengetahui Istilah Perintah Umum untuk Perangkat Mouse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *