Situs-Situs Video Streaming (Youtube dan Sejenisnya)

Setelah Youtube sukses dengan konsep video streamingnya, konsep ini kemudian banyak diadopsi oleh situs-situs lain. Memang konsep ini sangatlah unik dimana sebuah website menyediakan video dan pengunjung bisa melihat langsung video tersebut tanpa harus mendownload file video yang ingin dilihat. Cara ini sangat digemari karena pengunjung tidak perlu repot menyediakan ruang di hardisk komputernya untuk menyimpan file Video  sehingga ruang di harddisk tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain.

Pengguna juga bisa mengupload video buatan mereka sendiri. Sehingga bisa memperkenalkan dan mempublikasikan kreasi videonya.

Sekarang, mari kita lihat beberapa situs video streaming.

1. Youtube – http://www.youtube.com/

Youtube

Dengan mottonya “Broadcast Yourself”, Youtube telah menjadi raksasa dalam dunia Video Streaming. Apalagi sejak Google mengakuisisi. Popularitasnya semakin menjadi. Youtube sudah menjadi patokan untuk orang mengupload video mereka. Tidak sedikit pula yang jadi terkenal hingga sampai seluruh dunia gara-gara situs video streaming satu ini.

Baru-baru ini yang melejit namanya karena Youtube adalah penyanyi asal Korea Selatan PSY dengan video klip dan lagu uniknya “Gangnam Style” yang memecahkan rekor Video paling banyak dilihat di Youtube dengan lebih dari 1 Milyar view dalam waktu 5 bulan saja.

2. Dailymotion – http://www.dailymotion.com/

dailymotion

Hampir sama seperti Youtube, Dailymotion yang berpusat di Perancis ini juga menyediakan konsep video streaming. sudah sangat banyak juga user dan kontributornya. Sangat bisa dijadikan alternatif selain youtube. Tersedia juga dalam beberapa bahasa karena dailymotion sudah mendunia. Daily motion mengusing misi “Watch, publish, share video”

3. Vimeo – http://vimeo.com/

vimeox

Berbasis di New York, Amerika Serikat, didirikan oleh Jake Lodwick dan Zach Klein pada November 2004, namun pada 2007 mereka keluar dan vimeo diakuisisi oleh IAC/InterActiveCorp. Usernya sudah lebih dari 8 juta. Mayoritas usernya banyak dari Indi Film Maker dan orang-orang yang memiliki minat di bidang Film.

Motto Vimeo adalah “Your Videos Belong Here”.Seperti Youtube, Vimeo juga memberikan penghargaan untuk video yang “ter”. Lengkapnya dapat dilihat di http://www.vimeo.com/awards. Vimeo juga menyediakan Music Store.

4. Metacafe – http://www.metacafe.com/

metacafe

Metacafe memfokuskan pada konsep video pendek. Serta kebanyakan adalah video hiburan atau Entertainment. Kategorinya pun tidak selengkap Youtube, hanya terfokus pada Film, video, game, Comedy, Olah Raga, Musik, dan TV.

Fitur yang paling berbeda adalah Family Filter dimana dengan fitur ini menyaring video yang pantas dilihat oleh semua usia. Adapulah channel khusus video dewasa.

Beberapa situs video streaming lainnya adalah: http://rutube.ru/ , http://www.videoweed.es/

Pengembangan dari konsep video streaming ini yang mendasari terciptanya live video streaming. Untuk live video streaming, kita tengok di kesempatan lain.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *