Cara Melihat dan Mengedit Username dan Password Blog WordPress dari Database dengan Memanfaatkan CPanel dan phpMyAdmin

Blogging merupakan sebuah hal yang sangat menyenangkan. Namun kadang kala tak selalu menyenangkan. Berbagai suka duka dapat dialami seorang blogger. Salah satu yang cukup menyebalkan adalah ketika tidak bisa masuk halaman admin karena pasword atau username salah diinputkan.

Kehilangan atau lupa akan username dan password blog sangat mungkin terjadi. Hal ini mengakibatkan tidak bisa login dan masuk dashboard blog. Cara mengatasinya adalah dengan fitur forgot password. Namun cara tersebut tidak akan berbuat banyak jika lupa username atau alamat email yang digunakan. Atau bahkan blog kena hack dan hacker mengganti password dan email.

Untungnya masih ada alternatif cara lain untuk mengetahui username dan password pada blog. Cara tersebut yaitu memanfaatkan pembacaan database blog. Dengan cara ini cukup berguna ketika mengalami forgot password dan fitur reset password tidak berfungsi.

Pada dasarnya semua aktifitas blogging itu direkam dalam database. Dari content dan posting hingga perubahannya semua tersusun rapi pada database. Termasuk juga username dan password blog. Untuk melihat dan mengedit database dapat digunakan tool phpMyAdmin yang standarnya tersedia pada Control Panel dimana blog dihosting.

Tidak hanya melihat saja, dengan phpMyAdmin dimungkinkan untuk melakukan modifikasi terhadap data yang diinputkan dalam database. Dan tentunya bukan hanya username dan password saja. Namun dalam posting ini hanya akan membahas mengenai Cara Melihat dan Mengedit Username dan Password Blog WordPress menggunakan fitur phpMyAdmin yang ada do CPanel saja. Ini adalah tahapannya:

1. Login ke Control Panel hosting anda.

2. Carilah bagian “database” kemudian klik “phpMyAdmin”

Screenshot (321)

3. Klik pada “Basis Data”.

4. Akan ditampilkan semua list database yang anda gunakan. Klik pada database yang anda gunakan untuk blog anda untuk membukanya.

5. Didalamnya akan berisi baris dan tabel dimana data-data mengenai blog anda tersimpan.

6. Klik pada tabel “wp_users”.

Screenshot (324)

7. Yapz. Akan tertampil list user beserta pasword dan email yang terdaftar dalam blog anda. Anda bisa mencatat password dan username kemudian login ke dashboard blog anda. Atau jika ingin mengganti password, ikuti langkah selanjutnya.

8. Untuk mengganti password dan data lain pada user yang diinginkan, klik “Edit” pada username yang ditentukan.

Screenshot (325)

9. Silahkan mengganti parameternya sesuai keinginan anda. Jika anda ingin mengganti password, ada pada isian user_pass dan ganti Fungsinya menjadi “MD5”.

Screenshot (330)

10. Untuk menyimpan data pembaharuan, klik kirim.

11. Exit phpMyAdmin dan Control Panel anda lalu login ke dashboard blog anda dengan data yang baru anda edit tadi.

Memang benar, semua data yang ada dalam blog semua tersimpan dalam database. WordPress hanya sebuah platform yang berfungsi untuk melakukan penulisan dan pembacaan data yang ada dalam database sehingga bisa ditampilkan sedemikian rupa. Database ini yang memungkinkan blog bisa lebih dinamis.

Kontrol penuh terhadap database mutlak diperlukan. Terutama jika saat menemui kondisi yang urgent. Backup database juga perlu dilakukan secara rutin untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti saat server down dan database hilang.

Related Posts:

2 comments on “Cara Melihat dan Mengedit Username dan Password Blog WordPress dari Database dengan Memanfaatkan CPanel dan phpMyAdmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *