Ekspor dan Impor Bookmark pada Browser Mozilla Firefox

Bookmark atau Penanda atau Markah dalam Mozilla Firefox secara sederhana adalah kumpulan shortcut menuju sebuah alamat website atau URL yang disimpan ketika mengunjungi URL tersebut untuk memudahkan kembali mengunjungi URL tersebut dikemudian hari. Dengan adanya bookmark dimaksudkan agar tidak perlu mengingat alamat web atau URL terutama jika alamatnya rumit. Bookmark layaknya shorcut ke aplikasi atau file atau lokasi pada komputer yang ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau pengguna pada komputer misalnya desktop. Konsep tersebut diterapkan di browser sehingga shortcut-shortcut menuju website tertentu dapat dengan mudah di-manage.

Bookmark sering dilupakan dan seperti dianggap tidak ada keberadaannya bagi banyak pengguna browser. Padahal jika mengetahui fungsinya dan mampu mengoptimalkan, Bookmark bisa sangat bermanfaat bagi pengguna tersebut. Pengguna sudah tidak perlu pusing mengingat alamat website yang akan dikunjungi. Beberapa manfaat dan kelebihan pengoptimalan bookmark paling tidak diantaranya adalah berikut ini:

  1. Tidak perlu mengingat alamat website atau URL yang pernah dikunjungi.
  2. Tidak perlu mengetik ulang pada address bar jika ingin menuju website yang dikehendaki.
  3. Tidak perlu menggunakan Search Engine untuk mencari alamat website yang lupa.
  4. Bisa dikelompokkan sesuai dengan kehendak pengguna.
  5. Bisa dibackup.
  6. Bisa di ekspor dan impor antar browser.
  7. Bookmark dapat dicopy pada browser antar komputer.

Membuat bookmark pada browser Mozilla Firefox sangatlah mudah. Ketika menemui website yang ingin dibuat bookmark, langsung klik icon bintang yang ada pada address bar. Kemudian bisa dikelompokkan penempatan bookmark tersebut. Tidak perlu untuk copy paste URL, fasilitas bookmark pada firefox sudah disediakan agar dapat digunakan dengan mudah.

Diatas tadi disebutkan bahwa bookmark pada MOzilla Firefox dapat diekspor dan impor. Dengan kemampuan ekspor impor bookmark ini menjadikan managemen bookmark menjadi fleksibel. Ekspor dan impor dapat digunakan untuk keperluan backup dan restore bookmark. Bookmark pada browser Mozilla Firefox dapat diekspor dan impor melalui 3 cara. Pertama yaitu ekspor dan impor ke dan/atau dari sebuah file, file bookmark ini akan memiliki format atau extensi .json yang bisa digunakan secara global. Kedua, ekspor dan impor bookmark ke dan/atau dari file HTML, dengan cara ini file HTML bookmark bisa didisplay menggunakan browser dan berisi daftar link yang sudah disimpan pada bookmar tersebut. Ketiga yaitu ekspor dan impor ke dan/atau dari browser lain.

Berikut ini Admin memberikan contoh cara ekspor bookmark ke file .json:

1. Buka Mozilla Firefox.

2. Klik Menu “Firefox” – “Markah” – “Tampilkan Semua Markah”.

Ekspor Impor Firefox 01

3. Akan ditampilkan jendela “Pustaka”.

4. Klik “Impor dan Cadangkan”.

5. Klik “Buat Cadangan”.

Ekspor Impor Firefox 02

6. Simpan file .json tersebut.

Ekspor Impor Firefox 03

Kemudian untuk cara impor bookmark dari file .json adalah sebagai berikut:

1. Buka Mozilla Firefox.

2. Klik menu “Firefox” – “Markah” – “Tampilkan Semua Markah”.

3. Akan tampil jendela “Pustaka”.

4. Klik “Impor dan Cadangkan” – “Kembalikan” – “Pilih Berkas”

Ekspor Impor Firefox 04

5. Cari file bookmark .json yang akan diimpor.

Ekspor Impor Firefox 05

6. Klik “Open”.

7. Klik “OK” untuk mulai mengimpor bookmark baru tersebut.

Untuk cara ekspor dan impor bookmark dengan file HTML caranya relatif sama dengan expor impor bookmark dengan file .json. Metode yang berbeda adalah ekspor dan impor bookmark antar browser. Cara ini juga sangat mudah, cukup dengan mengikuti wizard yang tertampil maka bookmark antar browser akan tertransfer. Ekspor dan impor bookmark antar komputer bisa dilakukan dengan metode file .json atau HTML.

Related Posts:

One comment on “Ekspor dan Impor Bookmark pada Browser Mozilla Firefox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *