Cara Mengatur Shut down, Restart, Log off, dan Sleep/hibernate Komputer Windows Secara Otomatis dan Terjadwal

Menggunakan komputer dengan baik dan benar merupakan sebuah keharusan yang perlu dilakukan oleh setiap pengguna komputer. Bukan hanya dalam pemakaian, namun juga dalam perawatan. Hal ini diperlukan agar komputer dapat berjalan secara optimal sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan manajemen pemakaian komputer.

Pengaturan atau manajemen mengenai pemakaian perangkat komputer ini sangat penting untuk menjaga komputer tetap dalam kondisi yang baik. Kebanyakan pengguna komputer apalagi yang sangat maniak terutama para gamer dan pengakses internet karena terlalu asik sehingga kurang mampu menjaga pemakaian komputer. Biasanya pengguna menggunakan komputer terlalu berlebihan dalam menggunakan komputer, ini dapat menyebabkan perangkat atau peripheral pada komputer menjadi cepat aus atau rusak.

Perlu adanya pembatasan dalam pemakaian komputer, misalnya dengan membatasi dengan mematikan komputer setiap jam 9 malam. Nah, pada komputer dengan sistem operasi Windows, mematikan atau shutdown komputer ini dapat dilakukan secara otomatis dan terjadwal. Dengan memanfaatkan Program Task Scheduler bawaan Windows yang masih termasuk dalam kategori Sistem Tools Windows, pengguna dapat melakukan shutdomn secara otomatis dan terjadwal. Cara untuk mengatur shutdown otomatis dan terjadwal melalui program Task Scheduler dari Windows adalah sebagai berikut:

1. Klik Logo Windows di Task bar atau Start Menu – All Programs – Accessories – System Tools – Task Scheduler

2. Klik Create Basic Task

Create Basic Task

3. Beri nama sesuai kebutuhan lalu klik Next

Memberi Nama Tugas

4. Akan ditanya bagaimana pengulangan shutdown ini nantinya, apakah harian (Daily), mingguan (Weekly), bulanan (Monthly), sekali saja (One Time), dan lain-lain. misal akan disetting shutdown harian maka dipilih Daily dan klik Next

Pengaturan Pengulangan Shutdown

5. Muncul pengaturan waktu kapanĀ shutdown otomatis akan dilaksanakan. Atur sesuai dengan kebutuhan dan klik Next

Pengaturan Waktu Shutdown

6. Klik pada Start a program lalu klik Next

7. Pada isian Program/script isi dengan shutdown.exe dan Pada isian Add arguments isi dengan -s lalu klik Next

Argument untuk Shutdown

8. Klik Finish dan perintah untuk melakukan shutdown secara otomatis tersebut akan dieksekusi saat waktunya tiba.

Shutdown Otomatis Terjadwal 06

Pada sitem operasi Windows perintah untuk melakukan shutdown, restart, log off, dan sleep/hibernate dikelola oleh sebuah file program shutdown.exe yang telah ditugaskan untuk melakukan instruksi shutdown pada cara diatas. Maka dengan cara diatas dapat juga dilakukan restart, log off, serta sleep/hibernate dengan gara yang sama namun yang membedakan adalah instruksi tambahan (Additional Arguments). Jika untuk mematikan atau shutdown pada isian Add arguments diisi dengan -s maka untuk perintah restart, log off, dan sleep/hibernate dapat menggunakan instruksi tambahan berikut:

Perintah

Instruksi Tambahan (Add Arguments)

Shut Down

-s

Restart

-r

Log Off

-l

Sleep/Hibernate

-h

Mematikan atau shutdown komputer secara terjadwal ini juga sangat bermanfaat bagi pengguna yang mudah tertidur atau sering membiarkan komputer dalam keadaan menyala sembari beraktifitas seperti mendengarkan musik. Dengan menerapkan shutdown yang otomatis dan terjadwal ini, pengguna dapat memanajemen penggunaan komputernya dan tidak perlu lagi menggunakan komputer secara berlebihan dan perangkat komputer dapat bekerja lebih optimal.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *