Penyebab Umum Loading Website/Blog Lambat dan Berat

Performa sebuah website atau blog sangat mudah dilihat dari seberapa ringan dan cepat website atau blog tersebut ketika diakses. Web yang ringan biasanya sangat cepat bila dibuka, web atau blog yang sederhana harusnya dapat dibuka secara lengkap dalam hitungan detik saja, jika web atau blog biasa saja loadingnya memakan waktu hingga beberapa menit, maka ada hal-hal yang menyebabkan web atau blog tersebut lama dan berat ketika diakses. Untuk melakukan pemeriksaan terhadap seberapa cepat loading website atau blog dapat menggunakaan tools Online yaitu Google PageSpeed Insight.

Hasil PageSpeed Insight

Contoh Hasil Analisa Loading Website di PageSpeed Insight

Webmaster atau blogger yang baik dan peduli akan website atau blog yang dimilikinya tentu tidak akan tinggal diam saja ketika loading website atau blognya berat dan lamban ketika diakses. Webmaster atau blogger perlu mengidentifikasi penyebab dari berat atau lambannya web atau blog ketika diakses. Penyebab umum loading website atau blog yang berat dan lamban dapat dibagi menjadi faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal merupakan penyebab yang tidak berhubungan dengan pemrograman atau script yang digunakan website atau blog, sedangkan faktor internal berkaitan dengan pemrograman atau script serta komponen / file-file yang digunakan untuk membangun website atau blog.

Faktor Eksternal: Koneksi dan Hosting

Jaringan internet merupakan faktor utama bagi penggunanya untuk mengakses suatu website. Jika jaringan internet yang digunakan pengguna kurang baik ataupun akses internetnya lambat, maka untuk membuka blog atau website juga akan memakan waktu yang lama. Dalam hal ini tentu saja jika ada komplain mengenai loading web/blog yang lama tentu bukanlah kesalahan dari pemilik blog atau webmaster.

Bukan hanya koneksi atau jaringan pengguna saja, namun koneksi atau jaringan yang digunakan hosting atau platform blogging juga mempengaruhi kecepatan loading website atau blog. Bagi anda yang menggunakan layanan blog seperti Blogger atau WordPress maka anda bisa cukup lega karena memiliki reputasi dan menggunakan jaringan serta koneksi yang sangat baik. Namun apabila menggunakan hosting atau platform web / blog lain, maka perlu jeli dalam memilih karena belum tentu jaringan yang digunakan baik.

Dari faktor hosting juga demikian. Kualitas server yang digunakan penyedia hosting berkaitan dengan kemampuan server tersebut untuk menangani pemrosesan dan pembacaan file-file yang tersimpan pada server tersebut. Semakin tinggi spesifikasi komputer server, maka semakin baik loading nya. Terutama untuk “Shared Hosting” dimana sebuah komputer server digunakan untuk beberapa web sekaligus. Semakin banyak website yang dikelola dalam sebuah server, maka semakin tinggi pula kinerja server yang bisa menghambat pemrosesan. Lain halnya dengan “Dedicated Server” atau penggunaan VPS untuk hosting, akan sangat jarang sekali terjadi penggunaan performa yang tinggi kecuali memang terjadi kelebihan beban (Peak) karena tingginya pengunjung yang mengakses sebuah website / blog. Jika terjadi demikian, mau tidak mau pemilik blog atau webmaster harus segera melakukan upgrade server hostingnya.┬áBeberapa hosting di Indonesia bahkan tidak terhubung atau sangat lambat jika diakses dari luar negeri.

Faktor Internal: Web/Blog

Banyak sekali hal-hal dalam internal blog atau website yang perlu diperhatikan oleh Blogger atau Webmaster agar blog atau websitenya tidak berat dan lamban ketika diakses oleh pengunjung. Hal yang paling utama adalah template atau tema yang digunakan, jika template atau tema tampilan yang digunakan terlalu mengandung banyak baris script atau perintah, maka pembacaan oleh browser juga akan lambat.

Javascript dan file flash meskipun memberikan sisi estetika yang sangat baik dalam tampilan blog atau website, namun juga sangat mempengaruhi loading website atau blog jika javascript yang digunakan terlalu banyak atau file animasi flash yang besar. Selain boros bandwidth, flash dan javascript juga membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup untuk loading lebih cepat, Dalam beberapa kasus bahkan loading javascript yang gagal dapat menyebabkan crash atau hang pada komputer pengakses.

Hal-lain yang dapat menyebabkan loading blog atau website menjadi lambat adalah penggunaan file gambar serta multimedia. Penggunaan file image atau gambar yang tidak dikompres akan mempunyai ukuran file yang besar dan jika penggunaannya terlalu banyak tentu loading menjadi lama. Apalagi pada file multimedia seperti file audio dan video yang pada umumnya memang berukuran besar, Encoding file audio dan video juga memerlukan plugin tambahan yang makin memperberat kinerja bromser untuk loading.

Lambatnya akses atau loading sebuah blog atau website juga bisa dikarenakan penuhnya atau banjir pengunjung yang memenuhi bandwidth atau membuat server overload. Akses terhadap file yang dibutuhkan untuk loading web atau blog juga berpengaruh, dalam artian ketika ada file yang dibutuhkan web atau blog hilang, maka juga akan menghambat loading dan membuat durasi loading menjadi lebih lama.

Related Posts:

One comment on “Penyebab Umum Loading Website/Blog Lambat dan Berat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *