Mendaftarkan (Submit) Blog Ke Mesin Pencari Terbesar (Google, Bing, Yahoo)

Mesin pencari telah memberikan revolusi besar pada internet. Dengan adanya search engine, pengguna internet menjadi lebih mudah dalam mencari informasi. Selain lebih mudah, pencarian informasi juga dilakukan lebih cepat. Bayangkan saja mesin pencari dapat menayangkan 1 halaman penuh dengan link beserta sedikit deskripsi ke content yang terkait kurang dari 1 detik.

Untuk bisa ditayangkan oleh mesin pencari. Sebuah website atau blog perlu mendaftarkan atau memasukkan Alamatnya pada mesin pencari.

Pada dasarnya caranya sama yaitu dengan mengunjungi alamat submit url dari sebuah search engine, masukkan url atau alamat blog anda, isi captcha bila diminta, terakhir klik “Submit” atau “Kirim” dan sejenisnya. Yang membedakan adalah masing-masing mesin pencari memiliki alamat url submit masing-masing. Mari kita lihat untuk Mesin Pencari yang sering digunakan pengguna internet.

Google

Anda bisa submit url blog anda di https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url . Tampilannya sangat simple sehingga mudah dimengerti. Anda akan ditawari pula untuk menggunakan Google webmaster. Anda bisa menggunakannya, bisa juga tidak. Berdasar pengalaman admin, jika url anda benar, dalam kurang dari 12 jam sejak submit, blog atau website anda sudah terindeks oleh google.

Bing

Url submiternya ada di http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url . Sama dengan Google, tampilannya simple saja. Bing lebih cepat mengindeks website sejak kita submit urlnya. Admin beberapa kali melakukan submit url untuk beberapa website hasilnya kurang dari 6 jam url telah diindeks. Namun untuk penjelajahan tiap link dan halaman blog atau website kita, Bing lebih lamban dibanding Google.

Yahoo

Yahoo memiliki alamat url submiter di http://search.yahoo.com/info/submit.html .  Namun sayangnya, untuk saat ini Yahoo hanya mengikuti Bing dalam penjelajahan website atau blognya. Namun yang berbeda dari Yahoo adalah mereka menyediakan directory submit. Anda bisa submit url blog atau web anda di rds.yahoo.com/search/submit/yexpress/*-https://ecom.yahoo.com/dir/submit/intro/ agar masuk list direktori web Yahoo.

Sebenarnya tidak melakukan submit juga tidak apa-apa, search engine akan tetap bisa menjelajah blog anda, namun memerlukan waktu bagi mesin pencari untuk menemukan blog atau website anda.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *