Akismet Memerangi Komentar Spam pada Blog WordPress

Tindakan spamming memang sudah sangat meresahkan. Seolah-olah dimana ada internet, disitu ada spam. Spam biasanya terjadi karena terdapat input yang berulang terlalu banyak dalam periode waktu tertentu atau menggunakan karakter acak dan membingungkan.

Spamming terus saja terjadi dan tidak ada habisnya. Dengan adanya fenomena spam ini, banyak layanan di internet yang menambahkan fitur filter spam terutama dalam layanan email dan layanan berbasis text lainnya. Hal ini dimaksudkan agar pengguna tetap dapat nyaman menggunakan layanan tersebut tanpa terganggu adanya spamming.

Dalam dunia blogging juga tak luput dari fenomena spam. Mulai dari blog dengan post spam, hingga komentar-komentar spam. Bahkan beberapa ada yang menjurus hacking hingga cracking. Hampir di semua platform blogging tidak luput dari komentar spam.

WordPress salah satunya yang menjadi sasaran untuk menebar komentar spam. Bukan hanya yang bertraffik tinggi, blog dengan traffik pas-pasan juga terkena imbasnya. Admin pernah mencoba membuat blog wordpress pada hosting sendiri dan mengisi dengan beberapa post saja kemudian mendiamkannya. Setelah 7 bulan hasilnya blog tersebut mendapat lebih dari 200 komentar dan semuanya spam. Ini menunjukkan bahwa platform wordpress cukup rentan terhadap serangan komentar spam.

Namun tentu selalu ada upaya untuk berperang dengan spam. Cara konvensionalnya adalah dengan memilih dan menghapus satu-per-satu komentar tersebut. Namun terdapat cara lain agar tidak perlu repot-repot harus menghapus satu per satu komentar spam. Yaitu memanfaatkan fitur filter spam.

Dengan adanya fitur filter spam ini, komentar spam akan disisihkan atau bisa langsung didelete oleh fitur tersebut. Dalam platform blog biasanya fitur ini sudah langsung terintegrasi sehingga komentar spam tidak akan muncul.

Pada platform blog wordpress, fitur filter komentar spam ini dinamakan dengan akismet. Akismet ini merupakan semacam plugin yang sangat aktif menangkal komentar spam. begitu ada komentar yang masuk, akismet langsung menyisihkan dan bisa langsung melakukan penghapusan pada komentar tersebut.

Untuk dapat bekerja, akismet membutuhkan semacam kode identitas untuk singkronisasi dengan server. Tentu saja juga akun wordpress.com yang valid. Dengan terhubung ke server akismet, filter komentar akan dengan mudah mengenali jenis komentar spam baik model lama maupun baru.

Akismet pada platform blog wordpress.com sudah otomatis terintegrasi dan aktif. Namun bagi yang menggunakan hosting sendiri perlu melakukan setting manual pada bagian plugin. Bagusnya adalah, wordpress telah memasukkan plugin akismet dalam paket instalasi blog wordpress. Cukup dengan mengaktifkan, mendapatkan ID dari web akismet, singkronisasi dengan server, dan setting plugin aksimet dan fitur filter komentar spam ini akan berjalan.

Motif dari tindakan spam melalui komentar pada blog wordpress ini sangat bervariasi. Utamanya adalah penyertaan link menuju website tertentu sehingga web tersebut mendapatkan backlink. Motif lainnya adalah untuk melakukan promosi terhadap produk tertentu. Serta tidak sedikit pula komentar yang membimbing sehingga membuat pengguna terkena hack.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *