Membuat Facebook Fans Page untuk Blog dan Urgensinya dalam Promosi Blog

Social Media terutama Facebook merupakan tempat dan pusat interaksi antar personal terbesar di internet. Dengan banyaknya individu yang memiliki akun dan aktif pada social media facebook ini, berbagai benefit bisa didapat dengan pengoptimalan terhadap facebook itu sendiri. Pemanfaatannya bukan hanya sekedar share status chat dan berkirim pesan saja, namun juga dapat digunakan untuk promosi.

Facebook bahkan menyediakan halaman khusus yang bisa dibuat untuk menjaring fans atau pengguna yang memiliki kesukaan yang sama. Facebook Fans Page yang mampu mengakomodir kemampuan tersebut. Facebook memang menyajikan fitur yang berbeda dari social media lain. Pengoptimalan Fans Page untuk berbagai keperluan bermanfaat baik bagi pengguna maupun pihak pemilik Fans Page.

Hubungan apa yang bisa didapat antara Fans Page dan blog?. Fans Page bisa dibuat untuk blog maupun situs web lainnya. Esensi utamanya yaitu dapat digunakan untuk display alamat blog dan deskripsi blog. Jadi pengguna yang sudah rela menekan tombol Like pada halaman Fans Page dapat melihat alamat blog dan mungkin mengunjungi. Sampai sini Fans Page bisa berperan merepresentasikan secara umum gambaran blog.

Fans Page bisa pula dimanfaatkan untuk menginformasikan update terbaru dari blog. Misalkan posting terbaru, link bisa dengan mudah dibagikan pada kronologi atau wall fanspage sehingga pengguna bisa melihat update tersebut. Hal ini dapat membuat kedekatan dengan fans semakin dekat dan fans semakin mudah mengakses blog.

Untuk menjaring pengguna melalui Facebook Fans Page, hal yang bisa dilakukan dengan mudah yaitu mengundang teman-teman Facebook. Karena untuk blog, tentunya dapat pula dipasang link menuju Facebook Fans Page atau like box pada blog. Biasanya banyak blogger menempatkan like box pada sidebar sebagai widget karena ukuran dan tampilannya yang bisa divariasikan. Tampilannya yang cukup jelas pun dapat menarik visitor untuk mengklik tombol like.

Dengan kemampuannya yang bisa menginformasikan update pada blog dengan cepat, kemunngkinan besar akan mendatangkan visitor yang pernah datang dulu untuk mengunjungi kembali blog atau Returning visitor. Bukan tidak mungkin blog akan mendapatkan pengunjung reguler dan selalu menunggu update blog dari Fans Page tersebut.

Sebuah materi promosi gratis yang justru dapat dimanfaatkan maksimal Facebook Fans Page ini. Visitor juga diberikan wadah interaksi dalam fans page tersebut karena dapat mengirim ke kronologi atau wall serta dapat pula berkomentar pada update yang dikirim dan diinformasikan pada halaman Fans Page tersebut.

Nhah, setelah mengetahui esensi dan urgensi dasar mengenai Facebook Fans Page dan hubungannya dengan blog, mari menengok dan membuat Facebook Fans Page tersebut. Cara untuk membuat facebook fans page adalah sebagai berikut ini.

1. Login ke facebook menggunakan akun anda.

2. Kunjungi alamat https://www.facebook.com/pages/ kemudian klik “Buat Halaman”

Screenshot (331)

3. Pilih kategori yang sesuai dengan tema blog. Jika tidak ada yang cocok, pilih saja salah satu yang mendekati, nantinya masih bisa diubah pada pengaturan halaman.

Screenshot (332)

4. Berikan nama untuk Facebook Fans Page sesuai dengan nama blog.

Screenshot (334)

5. Beri tanda Cek atau Centang pada “Saya setuju dengan Ketentuan Halaman Facebook”.

6. Klik “Mulai”.

7. Upload foto profil atau gambar yang merepresentasikan blog anda. Kemudian klik “Simpan Foto”. Jika belum memiliki gambar yang pas klik saja “Lewati”, gambar masih dapat diganti juga.

Screenshot (336)

8. Masukkan deskripsi mengenai blog beserta alamat url blog kemudian klik “Simpan Info”.

Screenshot (337)

9. Masukkan alamat pendek untuk blog. Fungsinya adalah agar url Facebook Fans Page tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Jika sudah klik pada “Atur Alamat”.

Screenshot (338)

10. Aktifkan iklan klik “Lewati” saja.

Screenshot (339)

Selesai, anda sudah memiliki Facebook Fans Page, tinggal sedikit lagi melakukan pengoptimalan, dan dapatkan interaksi dengan pengunjung dari pengguna Facebook. Keunggulannya utamanya jelas sekali untuk menjaring pengunjung dari pengguna social media dan sifatnya yang gratis.

Related Posts:

2 comments on “Membuat Facebook Fans Page untuk Blog dan Urgensinya dalam Promosi Blog

  1. Tambahan mas brow, untuk menjaring pengguna facebook yang bukan teman kita, kita harus memasang Facebook Like Box di blog. Dengan begitu, maka pengunjung hasil search engine kemungkinan besar akan me-like halaman yg di pasang di blog kita. Maturnuwun 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *