Keuntungan Menghemat Penggunaan Koneksi (Konsumsi) Data Internet pada Smartphone dan Gadget

Berselancar dan menggunakan internet dengan menggunakan smartphone dan gadget memang sangat menyenangkan, efektif, serta sudah sangat lumrah dan dapat dilakukan oleh pengguna smartphone dan gadget kapan saja dan dimana saja. Provider telekomunikasi seluler juga berlomba-lomba menyediakan jalur akses internet melalui mobile yang diminati masyarakat. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan koneksi internet mobile.

Internet pada Gadget dan Smartphone

Internet Mobile
ilustrasi diambil dari marcopolis.net

Salah satu keuntungan sekaligus keungggulan berinternet dengan menggunakan smartphone ataupun gadget dibanding dengan menggunakan perangkat desktop adalah konsumsi data yang lebih jauh rendah. Dengan konsumsi data yang rendah, maka keuntungan yang jelas terlihat adalah bahwa pengguna tudak perlu membayar paket internet yang mahal. Hal ini membuat semakin banyak pengguna yang menggunaka gadget untuk akses internet. Jika dilakukan penghematan maka banyak lagi keuntungan yang didapat dari penghematan konsumsi data tersebut.

  • Perangkat Lebih Awet dan Tahan Lama. Penggunaan internet yang terus menerus selain boros pada bandwidth juga memerlukan kinerja perangkat yang terus menerus. Perangkat yang terus menerus digunakan akan menjadikan perangkat tersebut rentan terhadap kerusakan sehingga menjadi tidak awet dan tidak tahan lama. Gejala yang paling sering muncul karena penggunaan internet terus menerus pada perangkat adalah meningkatnya suhu pada bagian tertentu terutama baterai.
  • Kinerja Smartphone/Gadget lebih Baik. Penghematan konsumsi data menandakan bahwa koneksi tidak digunakan secara terus menerus. Ketika tidak digunakan untuk akses internet maka kinerja gadget akan lebih baik karena aktifitas perangkat berkurang. Gadget akan sebih responsif dan jarang mengalami error. Terutama untuk smartphone kelas low-end, efektifitas penghematan konsumsi data terhadap kinerja perangkat akan sangat terasa.
  • Membatasi Pemakaian Kuota. Bagi pengguna yang membeli paket internet dengan kuota terbatas tentunya menghemat konsumsi data adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Pengguna tentunya tidak mau paket kuotanya habis dengan cepat dan berganti menjadi tarif normal yang sangat mahal dan menghabiskan pulsa.
  • Menghemat Pengeluaran. Paket data internet mobile untuk gadget dan smartphone di Indonesia pada umumnya masih berdasarkan kuota berapa byte data yang ditransfer, sangat terbatas provider yang menawarkan paket internet unlimited. Maka dari itu, menghemat konsumsi data akan sangat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran juga. Semakin besar data yang ditransfer maka semakin besar pula biaya yang dikesuarkan untuk membeli paket internet. Jangan sekali-kali terkoneksi internet tanpa terdaftar paket internet karena tarif yang diberlakukan akan sangat mahal.
  • Memperpanjang Daya Tahan dan Usia Baterai. Daya tahan dan usia baterai sangat berkaitan dengan seberapa sering dan seberapa berat aktifitas atau proses yang dijalankan oleh gadget. Semakin sering dan semakin berat proses yang dijalankan akan membuat baterai cepat aus dan rusak. Terhubung pada internet juga memerlukan proses transfer atau konsumsi data yang terus menerus sehingga dapat mempercepat keausan baterai. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa gejala awal paling sering ditemui adalah naiknya suhu pada baterai sehingga terasa panas jika disentuh.
  • Koneksi dan Komunikasi Data Mobile Lebih Lancar. Dengan melakukan penghematan konsumsi data maka dipastikan bahwa lalu lintas data terutama di server tidak akan terjadi overload sehingga komunikasi lebih lancar serta tidak mengganggu jalur komunikasi lain seperti panggilan suara ataupun layanan pesan singkat atau SMS.

Dengan banyaknya keuntungan jika dilakukan penghematan penggunaan koneksi data pada smartphone, maka sangat berguna sekali jika pemilik dan pengguna smartphone maupun gadget mampu menerapkan penghematan penggunaan data. Untuk melakukan penghematan data sendiri sangat mudah dilakukan, cara paling mudah dan efektif untuk melakukan penghematan penggunaan data internet pada perangkat mobile adalah dengan memutus koneksi data ketika tidak digunakan, atau juga dapat dilakukan dengan menutup aplikasi ketika sudah selesai digunakan.

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *